PENINGKATAN EKONOMI KREATIF MELALUI PELATIHAN KETERAMPILAN PEMBUATAN BLANGKON DI KELURAHAN KARANGASEM LAWEYAN SURAKARTA

Authors

  • Sri Hartono Universitas Islam Batik Surakarta
  • Fithri Setya Marwati Universitas Islam Batik Surakarta
  • Sarsono Sarsono Universitas Islam Batik Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.35130/bbjm.v2i2.225

Abstract

:   Secara umum, industri kreatif adalah kategori usaha yang disematkan untuk usaha-usaha yang menjual produk kreativitas. Besarnya kontribusi industri ini membuat  Pemerintah Indonesia mulai menaruh perhatian khusus kepada industri kreatif. Dibuktikan dengan berdirinya Bekraf yang menaungi ekonomi kreatif di Indonesia. Dampak positifnya bagi Indonesia membuat banyak negara juga mulai melirik industri ini. Secara umum, tujuan dari industri kreatif ialah menghasilkan sebuah karya kreatif yang bernilai ekonomi tinggi. Meskipun demikian, perkembangan industri kreatif di indonesia masih jauh lebih kecil dibandingkan dengan negara lain, oleh karena itu dapat dilakukan pembentukan pemetaan berdasarkan subsektor, karena industri kreatif merupakan kegiatan usaha yang berbasis pada kreativitas individu (Darwanto, 2012). Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini memiliki tujuan untuk mengembangkan kreativitas anak bangsa guna meningkatkan industry kreatif di Indonesia. Selain itu, program ini sangat berguna sebagai upaya untuk menumbuhkan rasa cinta budaya generasi muda melalui pelatihan ketrampilan pembuatan blangkon yang memiliki nilai budaya Indonesia. Blangkon merupakan salah satu bagian dari pakaian adat khas Jawa yang digunakan untuk penutup kepala bagi pria. Sasaran progam ini adalah pemuda dan pemudi di Kelurahan Karangasem Laweyan Surakarta yang belum bekerja. Metode pelaksanaan dilakukan dengan memberikan pelatihan dan praktik serta tanya jawab terkait dengan proses pembuatan blangkon dan strategi pemasaran blangkon. Pelaksanaan pelatihan meliputi teori dan praktek pembuatan blangkon dan manajemen selama. Pelatihan ini melibatkan narasumber dan tim pelaksana Pengabdian Kepada Masyarakat dari Fakultas Ekonomi Manajemen Universitas Islam Batik Surakarta. Dari pelatihan PKM dalam pembuatan blangkon ini keluaran yang diharapkan adalah sebagai berikut: (1) Dengan tercapainya pelatihan bagi masyarakat dalam usaha pembuatan blangkon ini diharapkan para peserta dapat mendirikan usaha pembuatan blangkon untuk menambah pendapatan ekonomi dan juga melestarikan tradisi budaya Jawa, (2) Mendorong penciptaan lapangan kerja baru yang mampu menampung tenaga kerja yang terampil dan terdidik, dan (3) Dari program ini diharapkan memberikan pengembangan ketrampilan bagi generasi muda untuk terus mengembangkan kreativitasnya.

References

Badan Pusat Statistik (BPS) diakses dari http://www.bps.go.id/, diakses pada tanggal 2 Februari 2019 pada jam 20.20 WIB.

Darwanto. (2012). Peran Entrepreneurship Dalam Mendorong Pertumbuhan. Ekonomi Dan Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat.

DCMS.Creative Industries Mapping Document.London: Department of Culture, Media and Sport. (2001). Dikutip dari Jurnal The Entrepreneurial Dimension of the Cultural and Creative Industries. HKU, Hogeschool Voor de Kunsten Utrecth (2010) : hal. 8 - 9.

Florida, Richard (2008). "The Rise of Creative Class" dan "Cities and the Creative Class", UK Department of Culture, Media and Sport, 1999.

Geertz, Cliffortz, (2010), The Interpretation of Cultures, New York: Basic Books Inc.

Geertz, Clifford, (1992), Kebudayaan dan Agama, diterjemahkan oleh F. Budi Hardiman dari The Interpretation of Cultures, Yogkakarta: Kanisius.

Geertz, Clifford, (1999), After The Fact: Dua Negeri, Empat Dasawarsa, Satu Antropolog, diterjemahkan oleh Landung Simatupang dan Hairus Salim dari After The Fact: Two Countries, Four Decades, One Antropologits, Yogyakarta: LKiS.

Howkins, John. (2001). The Creative Economy. Inggris: Penguins Book.

Resnstra Kemenparekraf 2012-2014, tersedia di (http://www.kemenpar.go.id/, diakses pada 1 Januari 2017).

Rianse, Usman dan Abdi. (2011). Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi: Teori dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.

United Nations Conference on Trade And Development. (2018). Creative Economy Outlook 2018.

United Nations Conference on Trade And Development. Value Values and shares of creative industries related goods exports https://unctadstat.unctad.org/ wds/TableViewer/ tableView.aspx?ReportId=14772 diakses 8 April 2019.

Downloads

Published

2021-11-13

How to Cite

PENINGKATAN EKONOMI KREATIF MELALUI PELATIHAN KETERAMPILAN PEMBUATAN BLANGKON DI KELURAHAN KARANGASEM LAWEYAN SURAKARTA. (2021). Bakti Banua : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 7-16. https://doi.org/10.35130/bbjm.v2i2.225