PELATIHAN STRATEGI PEMASARAN PELAKU USAHA KECIL KELOMPOK PENGRAJIN SASIRANGAN KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN - KALIMANTAN SELATAN

Sri Ernawati, Gemi Ruwanti, Norbaiti Norbaiti, Jumirin Asyikin, Rizky Nastiti, Hardi Sayyidul Anwar, Jamiati Jamiati

Abstract


Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan untuk mengedukasi dalam bentuk pelatihan kepada usaha kecil Pengrajin Sasirangan yang ada di Desa Limpasu Kecamatan Limpasu Kabaputen Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada peserta sehingga memudahkan mereka untuk memahami kebutuhan dan keinginan konsumen. Adapun tujuan umum yang dicapai adalah peningkatan pengetahuan dan pemahaman akan marketing mix yang dapat dikembangkan dan mampu melayani konsumen melalui proses manajemen marketing yang baik. Selama kegiatan pengabdian berlangsung, pelaku usaha kecil pengrajin sasirangan menunjukkan antusiasmi dalam mengembangkan bisnis kerajian tangan yang telah mereka praktekkan. Selain itu, mereka mendapatkan pemahaman akan proses marketing mix dan bagaimana memuaskan konsumen dengan memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka.


Full Text:

PDF

References


Boone, L. E., & Kurtz. D. L. 2008. Pengantar Bisnis Kontemporer, Buku 1. Jakarta: Salemba Empat.

BPS. 2017. Laporan Bulanan Data Sosial Ekonomi Agustus 2017. Jakarta: ©Badan Pusat Statistik.

Hartiningsih. 2020. Keberadaan dan Upaya Pelestarian Kain Sasirangan Pewarna Alam di Kota Banjarmasin. Jurnal Kebijakan Pembangunan,Vol. 15(2).

Kotler, P., & Armstrong, G. 2012. Principles of Marketing. New Jersey: Prentice Hall.

Prasetyo, D., Arisanty, D., & Nugroho, A R. 2014. Upaya Pengrajin Sasirangan di Kampung Sasirangan Banjarmasin dalam Menjaga Keberlangsungan Industri. Jurnal Pendidikan Geografi, Vol. 1(2).




DOI: https://doi.org/10.35130/bbjm.v3i1.307

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

 

View My Stats

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.