PENERAPAN MANAJEMEN USAHA DAN DIGITAL BRANDING PRODUK KULINER KELOMPOK PAGUYUBAN WUB DI KELURAHAN KARANG MEKAR BANJARMASIN

M Hasanur Arifin, Irwansyah Irwansyah, Novia Nour Halisa, Maya Sari Dewi, M Arjun Dwi Histanto

Abstract


Program kemitraan masyarakat  dilaksanakan pada anggota Paguyuban Wirausaha Baru (WUB) Kota Banjarmasin. Paguyuban WUB merupakan komunitas bagi pelaku usaha di Banjarmasin terdiri dari gabungan usaha-usaha khususnya bidang kuliner. Permasalahan mitra yang mendasar yaitu penerapan manajemen usaha meliputi aspek manajemen SDM, produksi, pemasaran, dan manajemen keuangan yang belum optimal dan kendala pada penguasaan teknologi berbasis digital sebagai media promosi produk-produk kuliner unggulan kelompok Paguyuban WUB Kota Banjarmasin. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan ketahanan usaha secara mandiri bagi masyarakat. Adapun solusi yaitu pemberian pelatihan manajemen usaha serta penerapan teknologi digital branding dan pemasaran digital, selanjutnya juga pendampingan bagi anggota kelompok paguyuban WUB Banjarmasin.  Metode program yang dikembangkan adalah “RRA dan PRA” (rural rapid appraisal dan participant rapid appraisal). Hasil dari pelaksanaan kegiatan ini adalah keterampilan penggunaan teknologi digital dan pengetahuan kewirausahaan dalam mengelola sebuah usaha menghasilkan produk dengan tata kelola usaha menurut panduan manajemen keuangan dan permodalan yang tepat, sosialisasi aplikasi keuangan SI APIK untuk pengelolaan cash flow dan pembukuan keuangan, selanjutnya adanya ruang konsultasi kelompok paguyuban WUB.

 

Kata kunci: Pelatihan, manajemen usaha, digital Branding, WUB Banjarmasin


Full Text:

PDF

References


Anoraga, P. & Soegiastuti J. 2016. Pengantar Bisnis Modern, Kajian Dasar Manajemen Perusahaan. Jakarta: Pustaka Jaya

Baird, L.S., Post, J.E. & Mahon, J.F. 2000. Management, Functions and Responsibilities. New York: Harper & Row. Publishers.

Bygrave, W.D. 2014. The Portable MBA in Entrepreneurship. New York: John Willey & Sons, Inc.

Hariyanti, N.T & Wirapraja P. 2018. Pengaruh Influencer Marketing sebagai strategi pemasaran digital Era Modern (Sebuah studi Literatur). Jurnal Eksekutif, 15(1), J133-146

Hidayanto et al. 2020. Strategy Digital Branding pada Startup Social Crowdfunding. Jurnal Komunikatif 9(1), 19-30

Irwansyah & Halisa, N.N. 2021. New Business Development Strategies on Products for Millenial in Banjarmasin Indonesia. Russian Journal of Agriculture and Socio-Economic Sciences, 10(118), 98-104.

Juntunen, M. 2012. Co-Creating corporate brands in Start-ups. Marketing Intelligence & Planning, 30(2), 230-249

Littlejohn, S.W. 2016. Theories of Human Communication. California : Wadsworth Publishing Company.

Renstra Pengabdian Pada Masyarakat 2020-2024. Tim LPPM ULM

Rizaldi, A & Hidayat, H. 2020. Digital Marketing Communication Strategy. Jurnal Entrepreneur dan Entrepreneurship, 9(2) DOI: https : //doi.org/10.37715/jee.v9i2.1340

Yuvaraj, S & Indumathi, R. 2018. Influence of Digital Marketing on Brand Building. International Journal of Mechanical Engineering and Technology, 9(7), pp 235-243




DOI: https://doi.org/10.35130/bbjm.v3i2.358

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

 

View My Stats

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.