PELATIHAN PEMBELAJARAN KNoS-KGS BERBASIS “6 LITERASI DASAR†KETERAMPILAN ABAD 21 PADA GURU GURU SMAN ANJIR PASAR

Authors

  • Rezky Nefianthi Universitas PGRI Kalimantan
  • Rabiatul Adawiyah Universitas PGRI Kalimantan
  • Yulianti Hidayah Universitas PGRI Kalimantan
  • Bayu Hari Mukti Universitas PGRI Kalimantan

DOI:

https://doi.org/10.35130/bbjm.v5i1.526

Abstract

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru-guru SMAN Anjir Pasar dalam menerapkan pembelajaran KNoS-KGS berbasis "6 Literasi Dasar" Keterampilan Abad 21. Metode pelatihan yang digunakan adalah ceramah, diskusi, simulasi, dan praktik mengajar. Materi pelatihan meliputi, Konsep KNoS-KGS dan kaitannya dengan "6 Literasi Dasar" Keterampilan Abad 21, Strategi pembelajaran KNoS-KGS berbasis "6 Literasi Dasar" Keterampilan Abad 21, Pengembangan bahan ajar KNoS-KGS berbasis "6 Literasi Dasar" Keterampilan Abad 21, Penilaian pembelajaran KNoS-KGS berbasis "6 Literasi Dasar" Keterampilan Abad 21.

Hasil pelatihan menunjukkan bahwa guru-guru SMAN Anjir Pasar memiliki pemahaman yang lebih baik tentang konsep KNoS-KGS dan "6 Literasi Dasar" Keterampilan Abad 21. Guru-guru juga mampu mengembangkan bahan ajar dan melaksanakan pembelajaran KNoS-KGS berbasis "6 Literasi Dasar" Keterampilan Abad 21 dengan lebih baik.

References

Anonim (2007) Modul: Pembelajaran Inovatif dan Partisipatif. Dit. Ketenagaan Dikti Depdiknas: Jakarta.

BNSP (2006) Lampiran 1 Peraturan Mendiknas No. 22 Tahun 2006. Jakarta: Depdiknas.

Dirjen Mandikdasmen. Direktorat Pembinaan TK dan SD.

Bybee.(2008). Scientific Literacy, Environmental Issues. Springers Science Business Media, Journal Science Education Technology. 17: 566- 568

H Karli (2018) Implementasi Literasi Sain dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Penabur. No 30/tahun ke 17/Juni 2018 https://bpkpenabur.or.id 12

Nefianthi, R (2017) Efektifitas Model Pembelajaran KNoS-KGS untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains, http://media.neliti.com

Nefianthi, R (2016) Uji Kefektifan Model KNoS-KGS Pada Siswa Kelas X8 SMA PGRI 2 Banjarmasin, https://repository.uksw.edu

Nefianthi, R., Muslimin Ibrahim, Sri Rahayu Yuni (2016) Respon Siswa dan Guru terhadap Komponen Model KNoS-KGS dalam Pembelajaran Biologi di SMAA PGRI 1 Banjarmasin pada Konsep Ekosistem. https://jurnal.uns.ac.id

Nefianthi, R. (2015) Pengembangan Model Pembelajaran Biologi Kolaboratif Berorientasi Nature of Science Integrasi Keterampilan Generik Sains. https://scholar.google.co.id

Nefianthi, Rezky, 2016. Pengembangan Model Pembelajaran Biologi Kolaboratif Berorientasi Nature Of Science Terintegrasi Keterampilan Generik Sains (Model KNoS-KGS). JAUDAR PRESS : Surabaya

Redana, IW, Mengembangkan Keterampilan Abad-21 dalam Pembelajaran Kimia, Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, Vol 13, No 1, 2019. https://journal.ac.id

Rustaman, N. (2007) Asessmen dalam Pembelajaran Sains. Bandung: Program doctor Pendidikan IPA Sekolah Pasca Sarjana UPI

Sutirman (2012) Model Pembelajaran KIP (Kreatif, Inovatif, dan Produktif) untuk Mengatasi Rendahnya Partisipasi Belajar Siswa. http://staffnew.uny.ac.id

Yulianti Y, Literasi Sains Dalam Pembelajaran IPA, Jurnal Cakrawala PenDas Vol 3, No 2, 2017, http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v3i2.592

Downloads

Published

2024-05-31

How to Cite

PELATIHAN PEMBELAJARAN KNoS-KGS BERBASIS “6 LITERASI DASAR” KETERAMPILAN ABAD 21 PADA GURU GURU SMAN ANJIR PASAR. (2024). Bakti Banua : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 1-9. https://doi.org/10.35130/bbjm.v5i1.526