PELATIHAN DIGITAL MARKETING BERBASIS AI: OPTIMALISASI PEMASARAN PRODUK DIVERSIFIKASI JERUK SIAM PETANI LAHAN BASAH WILAYAH BARITO KUALA KABUPATEN BANJAR

Authors

  • Monry Fraick Nicky Gillian Ratumbuysang Universitas Lambung Mangkurat
  • Sharfina Puteri Amima Universitas Lambung Mangkurat
  • Rizal Iskandar Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.35130/60g79x77

Abstract

Potensi besar komoditas jeruk siam di lahan basah Barito Kuala dan Kabupaten Banjar belum diimbangi dengan strategi pemasaran yang optimal, menyebabkan kerugian pascapanen dan ketergantungan pada pasar tradisional. Permasalahan utama yang dihadapi petani adalah kurangnya pengetahuan dan keterampilan dalam diversifikasi produk dan pemasaran digital, termasuk pemanfaatan teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence - AI). Untuk mengatasi hal tersebut, program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan memberdayakan petani melalui Pelatihan Digital Marketing Berbasis AI dan pendampingan diversifikasi produk olahan jeruk. Metode yang digunakan adalah pendekatan partisipatif dan kolaboratif, meliputi tahapan sosialisasi, pelatihan komprehensif, penerapan teknologi, serta pendampingan dan evaluasi berkelanjutan. IPTEKS yang diimplementasikan adalah Media Pembelajaran Digital Marketing Berbasis AI, yang memanfaatkan smartphone petani untuk mengoptimalkan pemasaran produk, menganalisis pasar, dan meningkatkan efisiensi promosi. Luaran yang ditargetkan adalah peningkatan pengetahuan dan keterampilan petani, perluasan jangkauan pasar, dan peningkatan pendapatan yang signifikan. Dengan demikian, program ini diharapkan dapat meningkatkan kemandirian ekonomi, daya saing, dan kesejahteraan petani jeruk siam melalui adopsi teknologi tepat guna.

References

A. Zulfa, H. Mansur, M. F. N. G. Ratumbuysang, M. Warren, & T. Harris. (2025). Developing an Innovative Board Game Using a Cooperative Learning Approach to Foster Interest in Learning Arabic. Alibbaa': Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 6(1), 99-119.

Adipo Rahman, O., & Nofialdi. (2023). Analisis Risiko Produksi dan Harga Jeruk di Kecamatan Gunung Omeh Kabupaten Limapuluh Kota Sumatera Barat. Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Barat.

Bahar Amal, F. D. Putra, F. Deni, M. T. Panjaitan, S. Kamila, & Z. T. AbigaeL. (2024). Pemanfaatan AI dalam Pengembangan Strategi Pemasaran Digital untuk Bisnis Mahasiswa S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Singaperbangsa Karawang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(3), 45507-45512.

Debora Oktaviani, F. T. A, & M. Ayuni. (2024). Analisis Dampak Kecerdasan Buatan dalam Peningkatan Efisiensi Pemasaran Digital di Industri E-commerce Indonesia. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Ekonomi, 2(4), 1-10. https://doi.org/10.54066/jmbe-itb.v2i4.2185

Heri Aji Setiawan. (2024). Influence of Digital Literacy on the Utilization of E Commerce in Agricultural Products. Jurnal Kolaboratif Sains, 7(5), 1598-1607.

Irwansyah Siregar. (2024). Digital Marketing dalam Menghadapi Persaingan Bisnis di Era Digital: Kajian Konseptual. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 24(3), 2921-2930. https://doi.org/10.33087/jiubj.v24i3.5678

Maria Purnawati, L. Fitriah, A. U. K. Ibiriti, D. W. Pratiwi, N. Subadar, & U. Azizah. (2024). Pelatihan Pembuatan Selai Jeruk: Diversifikasi Jeruk Lokal Guna Meningkatkan Ekonomi Kreatif di Desa Jedong. JDIMAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2).

Rusmalia, Ratumbuysang, Setiawan, & Supriyanto. (2024). Peran Digital Marketing Berbasis Media Sosial Untuk Meningkatkan Volume Penjualan dan Mencapai Keberhasilan Usaha. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 12(3), 458-467.

Subroto, E., Tensiska, & Indiarto, R. (2014). Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan dalam upaya Mendukung Ketahanan Pangan di Desa Girijaya dan Mekarjaya, Kecamatan Cikajang, Kabupaten Garut. Dharmakarya, 13(1), 1-4.

Suswadi, N. C. Irawan, A. Prasetyo, Mahananto, K. Prasetyowati, Daryanti, T. Soemarah, E. Suprapti, A. Budiyono, & Wiyono. (2023). Pelatihan Digital Marketing untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Keterampilan Pemuda Tani Komoditas Hortikultura. Jurnal Ganesha: Jurnal Pengabdian, 3(2).

Wulandari, E., Santoso, R., & Handayani, P. (2023). Pelatihan Pemanfaatan E-Commerce untuk Peningkatan Pemasaran Produk UMKM. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Dharmakarya, 1(2), 52-60.

Dwiloka, B., & Riana, R. (2005). Teknik Menulis Karya Ilmiah. Rineka Cipta.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

R. (2006). Tekan Korupsi Bangun Bangsa. Diakses dari http://www.kpk.go.id/modules/news/article.php?storyid=1291.

A. Q. Diny. (2020). Pengembangan Produk Olahan Komoditas Jeruk Siam di Kecamatan Bangorejo Kabupaten Banyuwangi. [Skripsi]. Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Aulia Ayu Lestari & Bayu Eka Wicaksana. (2025). STRATEGI E-COMMERCE UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING PRODUK PERTANIAN DI ERA DIGITAL DI GAPOKTAN SUKA BUNGAH DESA TAMBAKAYA KECAMATAN CIBADAK. Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Seri III Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Terbuka, 2(1), 243.

Downloads

Published

2025-11-08

How to Cite

PELATIHAN DIGITAL MARKETING BERBASIS AI: OPTIMALISASI PEMASARAN PRODUK DIVERSIFIKASI JERUK SIAM PETANI LAHAN BASAH WILAYAH BARITO KUALA KABUPATEN BANJAR. (2025). Bakti Banua : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(2), 80-88. https://doi.org/10.35130/60g79x77