Dampak Keberadaan Obyek Wisata Lok Laga Ria Terhadap Perekonomian Keluarga Di Sekitar Obyek Wisata Kecamatan Haruyan Kabupaten Hulu Sungai Tengah (Studi Pada Pedagang Sektor Informal)

Gusti Marliani, Rifky Gunawan Adi Saputra

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris mengenai dampak keberadaan obyek wisata Lok Laga Ria terhadap perekonomian keluarga pedagang kecil di sekitar obyek wisata di Kecamatan Haruyan Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pedagang kecil di sekitar obyek wisata Lok Laga Ria Kecamatan Haruyan Kabupaten Hulu Sungai Tengah pada tahun 2017 sebanyak 76 orang dan yang dijadikan sampel penelitiannya dengan jumlah 64 orang. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari variabel terikat (dependent variable) yang disimbol kan dengan (Y), yaitu perekonomian keluarga pedagang kecil yang indikatornya meliputi: peningkatan pendapatan rumah tangga (Y1.1), peluang usaha dan kerja (Y1.2), dan perubahan mata pencaharian (Y1.3) dan variabel bebas (independent variable) yang disimbolkan dengan (X) , yaitu pengaruh obyek wisata Lok Laga Ria yang indikatornya meliputi: pelayanan wisata (X1.1), sarana transportasi (X1.2) dan keamanan (X1.3). Untuk menentukan ada tidaknya pengaruh dari variabel independen (X) terhadap variabel dependen (Y) digunakan model analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa variabel Obyek Wisata Lok Laga Ria (X) pengaruh positif dan signifikan terhadap Perekonomian Keluarga Pedagang Kecil disekitar Obyek Wisata di Kecamatan Haruyan Kabupaten Hulu Sungai Tengah (Y). Koefisien determinasi R2 sebesar 0,912 yang berarti bahwa variabel independen : variabel pengaruh obyek wisata Lok Laga Ria (X) mempunyai kontribusi sebesar 91.2% terhadap variabel dependen : variabel perekonomian keluarga pedagang kecil di sekitar obyek wisata (Y), sedangkan sisanya adalah 8,8% diberikan oleh variabel-variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Hasil persamaan regresi yang didapat adalah Y = 2,787 + 0,951X.

Kata Kunci : obyek wisata, perekonomian keluarga, pedagang kecil

Keywords


obyek wisata, perekonomian keluarga, pedagang kecil

Full Text:

PDF

References


Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Yoety, OA. 2008. Ekonomi Pariwisata. Introduksi, Informasi, dan Implementasi. Jakarta : Kompas.

Dhalyana, Nasdian FT. 2012. Partisipasi Masyarakat dan Stakeholder dalam Penyelenggaraan Program Corporate Social Responsibility (CSR) dan Dampaknya Terhadap Komunitas Pedesaan.

Jurnal Transdisiplin Sosiologi, Komunikasi, dan Ekologi Manusia. Bogor : Intitut Pertanian Bogor.

Soebagyo.2012. Strategi Pengembangan Pariwisata Di Indonesia.Jurnal Liquidity. (internet). (dikutip 15 September 2015). Jakarta : Fakultas Ekonomi Universitas Pancasila. Dapat diunduh dari :http://www.liquidity.stiead.ac.id/w p-content/uploads/2012/10/8_Soebagyo-Liquidity-STIEAD.pdf.

Sudiarditha, I.K,. Suman, A, dan Kusnadi. 2008. Analisis Pengembangan Sektor Industri Pariwisata Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja Dan Pendapatan Rumah Tangga Petani. Jurnal Wacana. 3(2) : 125-133

Utami, Indah Tri. 2013. Pengaruh Obyek Wisata Sendang Asri Waduk Gajah Mungkur Wonogiri terhadap Kondisi Sosial dan Ekonomi Masyarakat. Jurnal Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat




DOI: https://doi.org/10.35130/jrimk.v1i2.11

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.