Pengaruh Brand Image dan Halal Branding Terhadap Minat Pembelian Produk Kosmetik (Studi pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAI Darussalam Martapura)
Abstract
Brand Image adalah tentang apa yang konsumen fikirkan dan rasakan saat mendengar atau melihat sebuah merek. Halal branding adalah brand yang penamaannya diperbolehkan mengikuti ketentuan syariat Islam yaitu Al Quran dan Hadits. Halal branding dapat bersifat eksplisit ataupun implisit, asalkan brand tersebut mencerminkan suatu keadaan, kondisi atau komposisi yang sebenarnya dan tidak ada unsur penipuan terhadap konsumen. Kedua hal tersebut juga sering dijadikan sebagai pertimbangan ketika memilih produk kosmetik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh brand image dan halal branding terhadap motivasi / minat pembelian produk kosmetik mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam angkatan 2018 dan 2019. Pada penelitian ini, digunakan analisis regresi linier berganda. Dari analisis yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa variabel brand image tidak berpengaruh secara signifikan terhadap motivasi pembelian produk kosmetik. Sedangkan variabel halal branding berpengaruh signifikan terhadap motivasi pembelian produk kosmetik.
Kata kunci: Brand Image, Halal Branding, Kosmetik.
Full Text:
PDFReferences
Teori dan Praktik. Yogjakarta: UPP STIM YKPN.
Al-Arif, M. Nur Rianto. 2015. Pengantar Ekonomi Syariah: Teori dan Praktik. Bandung: CV PUSTAKA SETIA
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktis. Revisi VI. Jakarta: Rineka Cipta.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Bob Sabran Edisi kke 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga
Kusuma, M. A, dkk. 2020. Pengaruh Islamic Branding, Kualitas Produk, dan Lifestyle Terhadap Minat Pembelian Produk Skincare pada Generasi Milenial di Kabupaten Kudus. Jurnal Bisnis dan Manajemen Islam. Vol.8 No.2
Mangkunegara. A.P. 2019. Perilaku Konsumen. Bandung: Refika Aditama
Ningsih, Suryani. 2009. Hubungan Brand Image (Citra Merek) Dengan Minat Membeli Konsumen Pelembab Pond’s White Beauty Pada Mahasiswa Psikologi UIN MMI Angkatan 2008. Skripsi UIN MMI Fakultas Psikologi.
Rozalinda. 2014. Ekonomi Islam: Teori dan Aplikasinya pada Aktivitas Ekonomi. Jakarta: PT RAJAGRAFINDO PERSADA
Simamora, B. 2002. Panduan Riset Perilaku Konsumtif. Jakarta: Gramedia Pustaka Umum.
Sugiyono, (2016) ‘Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif dan R&D’ Cetakan ke 23. Bandung: Alfabeta
Suma, Muhammad Amin. 2015. Tafsir Ayat Ekonomi: Teks, Terjemah, dan Tafsir. Cetakan ke 2. Jakarta: Amzah
Sunyoto, Danang. 2014. Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran: Konsep, Strategi dan Kasus. Yogjakarta: CAPS
Sutrisna. 2002. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sutrisna. 2001. Perilaku Konsumen Komunikasi Pemasaran. Bandung: Remaja Pasudakarya.
Tjiptono, F. 2015. Strategi Pemasaran. Yogjakarta: Andi Offset.
DOI: https://doi.org/10.35130/jrimk.v7i1.265
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.