Dominasi Keterampilan Wirausaha dan Inovasi Produk Terhadap Keberhasilan Pada UMKM Perak Celuk
Abstract
Perkembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) ini banyak dipengaruhi oleh kemampuan dari seorang wirausahawan yang menekuni usahanya dalam bidang apapun. Keberhasilan usaha merupakan suatu tujuan bagi pengusaha sebagai capaian dari usaha mereka. Penelitian ini berfokus pada kewirausahaan yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh atau dominasi Keterampilan Wirausaha dan Inovasi Produk terhadap Keberhasilan Usaha pada UMKM Perak Celuk. Fokus penelitian ini antara lain, untuk mengetahui pengaruh keterampilan wirausaha terhadap keberhasilan usaha, pengaruh inovasi produk terhadap keberhasilan usaha, pengaruh keterampilan wirausaha dan inovasi produk terhadap keberhasilan usaha. Populasi penelitian ini adalah seluruh UMKM Perak di Kab. Gianyar, dan sampel sebanyak 89 pengerajin perak di Desa Celuk dengan menggunakan metode purposive random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode survei dengan menyebar kuesioner. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat menambah serta memperluas wawasan pembaca mengenai pengaruh keterampilan kewirausahaan dan inovasi produk terhadap keberhasilan usaha khususnya UMKM Perak di Desa Celuk. Penelitian ini menemukan bahwa keberhasilan usaha serta penggabungan keberhasilan wirausaha dan inovasi produk berpengaruh positif terhadap keberhasilan usaha. Sedangkan inovasi produk tidak berpengaruh positif terhadap keberhasilan usaha.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Astiti, D. (2010). Kadar Pati Resisten, Kalsium, dan Zat Besi Serta Daya Terima Kue Kering Tepung Pisang Kepok Dengan Penambahan Tepung Teri Kering Tawar. EPRINTS UNDIP.
Aremu, M. A. (2015). Impact of Strategic Management on the Performance of small and Medium Scale. Jurnal of Sustainable Development in Africa, 113-126.
Chang, J., & Rieple, A. (2013). Assessing Student's Entrepreneurial Skills Development in Live Project. Journal of Small Business and Enteprise Development , 36-49.
Corbetta, G., & Salvato, C. A. (2010). The Board of Directors in Family Firms: One Size Fits All? Family Business Review. doi:https://doi.org/10.1111/j.1741-6248.2004.00008.x
Dewi, A. A., Indrayani, L., & Tripalupi, L. E. (2019). Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Usaha Kerajinan Perak di Desa Celuk Kecamatan Sukawati Kabupaten Gianyar. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 11(2), 466-475.
Firdy, E. (2021). Jumlah UMKM di Indonesia. Jakarta: Datatempo.com.
Nasution, I. (2017). Pengaruh Kreativitas dan Keterampilan Berwirausaha Terhadap Keberhasilan Usaha Pada Usaha Kuliner di Komplek Asia Mega Mas. Medan: Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Sumatera Utara.
Porter, M. E. (2008). The Five Competitive Forces That Shape Strategy. Harvard Business Review, 25-40.
Santia, T. (2020). Berapa Jumlah UMKM di Indonesia? Ini Jumlahnya. Bogor: Liputan6.com. Diambil kembali dari https://www.liputan6.com/bisnis/read/4346352/berapa-jumlah-umkm-di-indonesia-ini-hitungannya
Situmorang, S. H., & Luthfi, M. (2014). Analisis Data Untuk Riset Manajemen dan Bisnis. Medan: USU Press.
Soegoto, E. S. (2014). Entepreneurship : Menjadi Pebisnis Ulung Edisis Revisi. Jakarta: PT.Elex Media Komputindo.
Sugiyono. (2013). Metodologi Penelitian Bisnis. Bandung: CV Alfabet.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabet.
DOI: https://doi.org/10.35130/jrimk.v6i1.270
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.