Dampak Pelatihan dan Pengembangan Karier terhadap Produktivitas Karyawan melalui Motivasi Kerja sebagai Variabel Intervening pada PT. Cakra Kencana Lestari
DOI:
https://doi.org/10.35130/nd92av81Keywords:
Pelatihan, Pengembangan Karir, Produktivitas Karyawan, Motivasi KerjaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak pelatihan dan pengembangan karier terhadap produktivitas karyawan dengan motivasi kerja sebagai variabel intervening pada PT. Cakra Kencana Lestari. Pelatihan dan pengembangan karier yang efektif diharapkan dapat meningkatkan keterampilan serta kompetensi karyawan, yang pada akhirnya berkontribusi terhadap peningkatan produktivitas. Namun, dalam prosesnya, motivasi kerja memainkan peran penting sebagai variabel yang memediasi hubungan antara pelatihan dan pengembangan karier dengan produktivitas karyawan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei melalui penyebaran kuesioner kepada karyawan PT. Cakra Kencana Lestari dengan sampel sebanyak 95 responden menggunakan rumus penarikan sampel Slovin. Teknik analisis data dilakukan dengan metode Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) menggunakan Smart PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan dan pengembangan karier berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas karyawan, baik secara langsung maupun melalui motivasi kerja sebagai variabel intervening. Motivasi kerja terbukti memperkuat hubungan antara pelatihan dan pengembangan karier dengan produktivitas karyawan. Temuan ini mengindikasikan bahwa perusahaan perlu lebih memperhatikan program pelatihan dan pengembangan karier serta strategi peningkatan motivasi kerja guna mengoptimalkan produktivitas karyawan. Implikasi dari penelitian ini dapat menjadi bahan pertimbangan bagi manajemen dalam merancang kebijakan sumber daya manusia yang lebih efektif
References
Armstrong, M. (2014). A Handbook of Human Resource Management Practice. Kogan Page Publishers.
Baldwin, T., Ford, J. K., & Blume, B. D. (2020). The Impact of Employee Training on Performance. Journal of Business Research, 112, 50-65.
Deci, E. L., & Ryan, R. M. (2017). Intrinsic Motivation and Self-Determination in Human Behavior. Springer.
Dessler, G. (2015). Human Resource Management. Pearson Education.
Gagné, M. (2020). Work Motivation and Employee Development: A Meta-Analytical Review. Academy of Management Journal, 63(1), 120-145.
Ghozali, I., & Latan, H. (2015). Partial Least Squares: Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan SmartPLS 3.0. Semarang: Universitas Diponegoro.
Greenhaus, J. H., Callanan, G. A., & Godshalk, V. M. (2010). Career Management. Cengage Learning.
Hair, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2017). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
Hall, D. T. (2002). Careers In and Out of Organizations. SAGE Publications.
Herzberg, F. (1959). The Motivation to Work. John Wiley & Sons.
Herzberg, F. (2017). The Motivation to Work. Routledge.
Khan, R. A., Ahmed, J., & Rehman, S. U. (2022). The Role of Training in Employee Productivity: A Structural Equation Modeling Approach. Human Resource Management Review, 32(4), 102125.
Mangkunegara, A. P. (2021). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mathis, R. L., & Jackson, J. H. (2016). Human Resource Management: Essential Perspectives. Cengage Learning.
McClelland, D. C. (1961). The Achieving Society. Van Nostrand Reinhold.
Mondy, R. W., & Noe, R. M. (2016). Human Resource Management. Pearson Education.
Noe, R. A. (2017). Employee Training and Development. McGraw-Hill.
Noe, R. A. (2020). Employee Training and Development. New York: McGraw-Hill.
Noe, R. A., Hollenbeck, J. R., Gerhart, B., & Wright, P. M. (2021). Employee Training and Development. McGraw-Hill.
Riduwan. (2016). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2017). Organizational Behavior. Pearson Education.
Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2019). Organizational Behavior (18th ed.). New Jersey: Pearson Education.
Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2022). Organizational Behavior. Pearson.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Firdaus Firdaus, Niti Lestari, Khuzaini Khuzaini, Siti Mardah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.







