Studi Kepuasan Konsumen Pada Peacock Coffee Gajah Mada Semarang
Abstract
Coffee Shop saat ini merupakan salah satu faktor pendukung dalam sektor pariwisata, dimana mereka memiliki peminat khusus. Khususnya para konsumen yang tertarik pada cita khas rasa kopi yang unik. Perkembangan bisnis Coffee shop saat ini paling cepat di dunia dan menjadi tren. Berbagai gaya dan tema bermunculan untuk masing-masing coffee shop untuk menarik dan memberikan kepuasan pada konsumen. Mulai dari bahan baku kopi yang digunakan, create kreasi menu coffee yang ditawarkan serta menu makanan pendamping coffee. Semuanya dipikirkan betul-betul oleh pemilik usaha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen.
Metode yang digunakan metode non-probality Sampling dikarenakan jumlah pengunjung Peacock Coffee tidak diketahui dengan pasti. Metode pengambilan sampel yang digunakan Accidental sampling dengan jumlah sebanyak 87 sampel. Hasil analisis data dalam penelitian mendukung semua hipotesis yang diajukan. Kualitas produk, fasilitas dan lokasi mempunyai pengaruh secara parsial maupun simultan terhadap kepuasan konsumen dan variabel lokasi mempunyai pengaruh dominan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
DelVecchio,D, dan D.Smith.(2005),Brand Extension Price Premiums:The Effect of Perceived Fit and Extension Product Category Risk,Journal of Academy of Marketing Science 33
Handi, Irawan. 2002. 10 Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta : Elex Media Komputindo.
https://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_kopi
https://www.sasamecoffee.com/kopipedia/sejarah-dan-jenis-kopi/
https://coffeeland.co.id/sejarah-kopi/
https://majalah.ottencoffee.co.id/hal-hal-penting-sebelum-memulai-coffee-shop/
https://majalah.ottencoffee.co.id/hal-hal-penting-sebelum-memulai-coffee-shop/
https://en.wikipedia.org/wiki/Coffeehouse
Kotler, P. dan Keller K.L., 2008, Manajemen Pemasaran, Jakarta: Indeks.
Kotler, Philip, Alih Bahasa A.B. Susanto. 2005. Manajemen Pemasaran di Indonesia, Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Jakarta : Penerbit Salemba Empat.
Kotler, Philip. 2009. Manajemen Pemasaran, Jilid 2, Edisi 13. Alih Bahasa Benyamin Molan. Jakarta: Prehallindo.
Lau, G.T. dan Lee, S.H.. 1999. Customer’s Trust in a Brand and the Link to brand Loyallity. Journal of Market Focused Management, Vol. 4.
Parasuraman, A, dan Valeire A. Zeithaml, dan Leonard Berry. 2005. Reassesment of Expectations as A Comparison Standart in Measuring Service Quality: Implications for Futher Research.Journal of Marketing, Vol. 58, January. 111- 124.
Rangkuti, Freddy. 2006. Measuring Customer Satisfaction, (Teknik Mengukur dan Strategy Meningkatkan Kepuasan Pelanggan), Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Sulistino, Ari Budi. 2010. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas dan Lokasi terhadap Keputusan Menginap. Semarang: Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.
Tjiptono, F.. 2002. Strategi Pemasaran, edisi 11. Yogyakarta: Andi Offset.
Umar, Husein. 2003. Metodologi Penelitian. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
DOI: https://doi.org/10.35130/jrimk.v4i1.79
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.