PELATIHAN PENGEMBANGAN DIRI BAGI GURU SMAN ANJIR PASAR TENTANG MISKONSEPSI P5 DALAM KURIKULUM MERDEKA
DOI:
https://doi.org/10.35130/zgwzqk41Abstract
Implementasi Kurikulum Merdeka di satuan pendidikan menuntut pemahaman yang komprehensif dari para pendidik, khususnya terkait Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Namun, dalam praktiknya, masih ditemukan berbagai miskonsepsi di kalangan guru mengenai konsep, tujuan, dan pelaksanaan P5. Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman guru-guru SMAN Anjir Pasar terhadap esensi P5 serta mengoreksi miskonsepsi yang berkembang. Metode pelatihan meliputi pemaparan materi, diskusi interaktif, studi kasus, dan refleksi praktik pembelajaran. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa sebagian besar peserta mengalami peningkatan pemahaman dan mampu mengidentifikasi serta memperbaiki kekeliruan dalam persepsi maupun pelaksanaan P5. Kegiatan ini diharapkan menjadi langkah awal dalam pengembangan profesional guru yang berkelanjutan serta mendukung implementasi Kurikulum Merdeka secara efektif dan bermakna.
References
Hasanudin, dkk. (2022). Perencanaan Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Banten: PT. Sada Kurnia Pustaka.
Kemendikbudristek. (2022). Panduan Pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: Kemendikbudristek.
Mulyasa, E. (2021). Implementasi Kurikulum Merdeka: Konsep dan Strategi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muhammad Rizal, M., Iqbal, M., & Rahima. (2022). Pelatihan Merancang Modul Proyek Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru SDN 6 Peusangan Selatan Melalui In House Training Sekolah Penggerak. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3). https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.6878
Otavia Rahayu D. N., Sundawa, D., & Wijayanarti, E. (2023). Profil Pelajar Pancasila sebagai Upaya dalam Membentuk Karakter Masyarakat Global. Visipena, 14(1), 14–28. https://doi.org/10.46244/visipena.v14i1.2035
Pratama, R. A. (2023). Miskonsepsi Implementasi P5 dalam Penerapan Kurikulum Merdeka. Kompasiana. https://www.kompasiana.com/bro_mysterio/65634ce0de948f3139695f62/miskonsepsi-implementasi-p5-dalam-penerapan-kurikulum-merdeka
Sulistiyaningrum. (2023). Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Karakter, 9(2), 121–128. https://journal.unnes.ac.id/nju/jpk/article/view/42318/14411
Kemendikbudristek. (2023). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Fasilitasi Potensi Para Siswa. Direktorat Jenderal GTK. https://gtk.kemdikbud.go.id/read-news/projek-penguatan-profil-pelajar-pancasila-p5-fasilitasi-potensi-para-siswa
Kumparan. (2023). 5 Karakter dari P5 dalam Kurikulum Merdeka. https://kumparan.com/berita-terkini/5-karakter-dari-p5-dalam-kurikulum-merdeka
Mustafatope. (2023). Miskonsepsi dan Konsepsi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). Kompasiana. https://www.kompasiana.com/mustafatope9679/6429f9b23788d476bf250f62/miskonsepsi-dan-konsepsi-projek-penguatan-profil-pelajar-pancasila-p5