MENUJU KEMAKMURAN KEUANGAN BERKELANJUTAN : MODEL PERILAKU EKONOMI KREATIF RUMAH TANGGA MELALUI KERAJINAN BUKET

Penulis

  • Angguliyah Rizqi Amaliyah Universitas Islam Raden Rahmat Malang
  • Rezti Rezti STIMI Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.35130/gyypgf09

Abstrak

Model perilaku ekonomi dalam inklusi dari berbagai kelompok sosial, budaya, dan etnis pada kegiatan sosial dan ekonomi merupakan kunci untuk mencapai kemakmuran ekonomi yang berkelanjutan. Mendorong distribusi kesempatan yang adil dan merata di antara masyarakat lokal guna mewujudkan kemakmuran ekonomi yang berkelanjutan. Pengabdian pada masyarakat ini melalui kajian ekonomi dan pendampingan kreatifitas kerajinan buket berperan dalam mendorong kesejahteraan ekonomi yang berkelanjutan bagi masyarakat Desa Ngasem. Meskipun dihadapkan pada berbagai tantangan, sektor kerajinan tangan skala kecil memiliki potensi yang besar dalam bidang ekonomi, sosial, dan budaya. Kendati demikian, masih terdapat sejumlah kelemahan yang cukup serius, seperti penggunaan teknik yang sudah usang, serta menurunnya minat di kalangan ibu rumah tangga. Di sisi lain, terdapat peluang yang menjanjikan, antara lain meningkatnya permintaan terhadap produk alami dan buatan tangan, dukungan kebijakan pemerintah terkait. Namun demikian, peluang tersebut juga dihadapkan pada sejumlah ancaman, seperti meningkatnya biaya bahan baku, peran perantara yang mengurangi margin keuntungan pengrajin, fluktuasi permintaan musiman, serta persaingan dengan produk industri alternatif yang lebih murah. Kerajinan tangan buket hasil kreatifitas Ibu rumah tangga Ngasem bertujuan untuk meningkatkan kemakmuran keuangan berkelanjutan. Dibutuhkan peran Pemerintah untuk menetapkan kebijakan pengembangan yang mencakup berbagai aspek yang memerlukan dukungan, seperti pendidikan dan pelatihan, pemasaran, penyediaan bahan baku, akses pembiayaan, serta peluang kerja sama dengan sektor ekonomi lainnya.

Referensi

Anjaningrum, W. D., Azizah, N., & Suryadi, N. (2024). Spurring SMEs’ performance through business intelligence, organizational and network learning, customer value anticipation, and innovation - Empirical evidence of the creative economy sector in East Java, Indonesia. Heliyon, 10(7), e27998. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2024.e27998

Benedek, M. (2024). On the relationship between creative potential and creative achievement: Challenges and future directions. Learning and Individual Differences, 110, 102424. https://doi.org/10.1016/j.lindif.2024.102424

Connelly-Kirch, D. (1982). Economic and social correlates of handicraft selling in Tonga. Annals of Tourism Research, 9(3), 383–402. https://doi.org/10.1016/0160-7383(82)90020-2

Deshmukh, D., Rajput, C. S., Das, S., & Alam, M. M. (2024). Sustainability and livelihood of small-scale handicraft producers in India: A SWOT analysis of Dhokra artisans. Social Sciences & Humanities Open, 10, 101160. https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2024.101160

Dutton, R. W. (1983). Handicrafts in Oman and their role in rural community development. Geoforum, 14(3), 341–352. https://doi.org/10.1016/0016-7185(83)90053-2

Herliana, S. (2014). Model of Household Economic Behavior Bamboo Creative Industries: A Preliminary Study. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 115, 1–11. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.02.410

Honnurswamy, N. (2022). Entrepreneurship And Small Scale Industrial Development A Study In Hyderabad Karnataka Region.

Joshi, G., & Dhar, R. L. (2020). Green training in enhancing green creativity via green dynamic capabilities in the Indian handicraft sector: The moderating effect of resource commitment. Journal of Cleaner Production, 267, 121948. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2020.121948

Koçak, S., Kayabaşi, N., & Şanli, H. S. (2013). Municipality of Keçiören Ankara Handicrafts Education at Profession Acquirement Courses. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 89, 692–701. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.08.917

Lee, L., & Ocepek, M. G. (2022). Making across space: Mapping creative information creation in the everyday environment. Library & Information Science Research, 44(3), 101180. https://doi.org/10.1016/j.lisr.2022.101180

Peterson, M., & Simkins, T. (2019). Consumers’ processing of mindful commercial car sharing. Business Strategy and the Environment, 28(3), 457–465. https://doi.org/10.1002/bse.2221

Rizqi Amaliyah, A., & Trimalika, H. (2022). Pelatihan Analisis Manajemen Pemasaran di UD Ragil Diesel Kepanjen. I-Com: Indonesian Community Journal, 2(2), 158–167. https://doi.org/10.33379/icom.v2i2.1318

Tiwari, S., & Nguyen, T. P. L. (2024). Towards social equity and sustainable economic prosperity through ecotourism: A case of caste diversified community along Annapurna Sanctuary trail (AST), Nepal. World Development Perspectives, 34, 100592. https://doi.org/10.1016/j.wdp.2024.100592

Tran, T. H. U., Lau, K. H., & Ong, C. E. (2021). Adoption of social sustainability practices in an emerging economy: Insights from Vietnamese handicraft organizations. Sustainable Production and Consumption, 28, 1204–1215. https://doi.org/10.1016/j.spc.2021.07.034

Wang, W., & Qu, Z. (2024). Sustainable finance for promoting prosperity and recovery: The impact of mobilizing capital to expand natural resource efficiency. Resources Policy, 91, 104805. https://doi.org/10.1016/j.resourpol.2024.104805

Xiuzhen, X., Zheng, W., & Umair, M. (2022). Testing the fluctuations of oil resource price volatility: A hurdle for economic recovery. Resources Policy, 79, 102982. https://doi.org/10.1016/j.resourpol.2022.102982

Diterbitkan

2025-05-31

Cara Mengutip

MENUJU KEMAKMURAN KEUANGAN BERKELANJUTAN : MODEL PERILAKU EKONOMI KREATIF RUMAH TANGGA MELALUI KERAJINAN BUKET. (2025). Bakti Banua : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 47-57. https://doi.org/10.35130/gyypgf09