PELATIHAN PEMBELAJARAN DARING DIMASA PANDEMI COVID-19 UNTUK GURU- GURU SD NEGERI 3 MELAYU MUARA TEWEH
Abstract
COVID-19 telah ditetapkan sebagai pandemi global dan memaksa pemerintah mengeluarkan aturan bagi guru-guru dan siswa untuk melakukan pembelajaran dari rumah yaitu melakukan pembelajaran secara online atau pembelajaran daring. Banyaknya guru-guru yang tidak menguasai media digital membuat pembelajaran dari cukup menyulitkan dan melihat hal tersebut dirasa perlunya dilakukan pelatihan bagi para guru-guru agar mereka bisa memperoleh kemudahan dalam melakukan pembelajaran daring. Tujuan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini adalah untuk melatih Guru-Guru pada SD Negeri 3 Melayu Muara Teweh Mampu melaksanakan pembelajaran daring dengan media sederhana seperti grup di media sosial WhatsApp (WA), telegram, aplikasi zoom dan Google classroom. Lokasi Pengabdian Kepada masyarakat ini pada SD Negeri 3 Melayu Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah. Pelaksanaan kegiatan ini dari persiapan hingga pelaporan dilakukan selama 1 bulan yang dimulai pada awal bulan juni 2020 sampai 30 juni 2020. Tim PKM telah berhasil melakukan kegiatan pelatihan dengan lancar pada SDN 3 Melayu Muara Teweh.Guru-guru pada SDN 3 Melayu Muara Teweh sudah bisa melakukan pembelajaran daring dengan memanfaatkan media sosial yang ada dan melakukan video conference dengan aplikasi Zoom dan google classroom. Guru-guru SDN 3 Melayu Muara Teweh sangat antusias melakukan pelatihan yang diberikan oleh pemateri.
Full Text:
PDFReferences
Alwi, S. (2017). Problematika guru dalam pengembangan media pembelajaran. ITQAN: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 8(2), 145-167.
Hadi, F., Syafi’i, A., & Isgandi, Y. (2020). Pelatihan Penerapan Pembelajaran Daring Interaktif Bagi Guru-Guru SD Al Islam Morowudi, Gresik. To Maega: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 142-149.
Iqbal, T., & Akbar, R. (2020). PELATIHAN INTERNET DAN POWERPOINT UNTUK GURU-GURU DI SEKOLAH DASAR NEGERI 19 KOTA SABANG. Bakti Banua: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 18-24.
Kadarisma, G., & Ahmadi, Y. (2019). Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis ICT Kepada Guru Sekolah Dasar. Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 35-40.
Kurniawan, B., & Purnomo, A. (2020). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Google Classroom Sebagai Upaya Peningkatan Pembelajaran Online Bagi Guru Matapelajaran IPS MTs Di Kota Malang. International Journal of Community Service Learning, 4(1), 1-9.
Negara, H. R. P., Ibrahim, M., & Etmy, D. (2020). Pelatihan Pembelajaran Daring (Google Classroom) bagi Guru MTs dan MI Nurul Yaqin Kelanjur. JPMB: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 3(1), 66-79.
Rifiana Arief, E. (2012). Usaha Peningkatan Profesionalisme Guru Melalui Pelatihan Internet dan E-Learning Sekolah. In Proceeding Seminar Nasional Pendidikan Teknik Elektro.
Simangunsong, A., Hasugian, P. S., & Marpaung, J. F. (2018). PKM: Pelatihan Internet Dan Power Point Untuk Siswa Dan Guru-Guru SMA Kemala Bhayangkara 1 Medan. TRIDARMA: Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM), 1(2, Nopembe), 66-70.
Suhara, A. M., Firmansyah, D., & Permana, I. (2020). PELATIHAN PEMBELAJARAN E-LEARNING SOCRATIVE PADA GURU BAHASA INDONESIA KABUPATEN SUBANG. Abdimas Siliwangi, 3(2), 415-422.
Yudhistiro, K., Sumartono, D. A. P., Prasetya, D. A., Nurdewanto, B. N., & Sonalitha, E. S. (2020). Network Education Sekolah Dasar Islam Mohammad Hatta Kota Malang. JAPI (Jurnal Akses Pengabdian Indonesia), 4(2), 92-97.
Wicaksono, V. D., & Rachmadyanti, P. (2017). Pembelajaran blended learning melalui google classroom di sekolah dasar.
DOI: https://doi.org/10.35130/bbjm.v1i2.152
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.