PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN BUMDES UNTUK PEMASARAN PRODUK BERAS ANJIR KEMASAN HASIL PERTANIAN LAHAN BASAH DI BARITO KUALA

Redawati Redawati, Arief Budiman, Meina Wulansari Yusniar, Ahmad Rifani, Rusdayanti Asma, Doni Stiadi, Maya Sari Dewi, M. Zainal Abidin

Abstract


Desa Andaman merupakan sebuah desa di Kabupaten Barito Kuala Kecamatan Anjir Pasar yang memiliki hasil padi yang melimpah dangan kulaitas yang baik. Namun kurangnya pengetahuan masyarakat dan pemerintah desa dalam hal pengelolaan potansi yang ada menyebabkan pertanian di daerah tersebut tidak mengalami peningkatan dalam hal peningkatan perekonomian masyrakat. Hal tersebut, tidak lepas dari kebiasaan masyarakat yang menjual langsung hasil panen setelah musim panen terjadi dengan harga yang sangat rendah. Pengabdian masyarakat dengan judul “Pendampingan Pengembangan BUMDES untuk Pemasaran Produk Beras Anjir Kemasan Hasil Pertanian Lahan Basah di Barito Kuala” ini diharapkan dapat memberikan gambaran serta pemahaman untuk masyarakat dan aparatur desa  untuk mengolah dan memasarkan produk berasnya sendiri melalui BUMDES (Badan Usaha Milik Desa). Adapun metode pelaksanaan ini adalah menggunakan metode Transfer IPTEKS dengan menggunakan prinsip bahwa setiap inovasi yang diterima oleh mitra sebaiknya melalui proses : Mendengar, Mengetahui, Mencoba, Mengevaluasi, Menerima, Menyakini, Melaksanakan.


Full Text:

PDF

References


Ide, Pangkalan (2010) Agar Jantung Sehat (Tip dan Trik Memilih Makanan agar Jantung Sehat): Jakarta : Elex Media Komputindo.

Utama, M.Zulman Harja (2015) Budidaya Padi Lahan Marjial Kiat Meningkatkan Produksi Padi, Yogyakarta : Andi.

Permendagri, Nomor 39 tahun 2010 tentang Badan Usaha Milik Desa (BUMDES).




DOI: https://doi.org/10.35130/bbjm.v4i1.405

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Flag Counter

 

View My Stats

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.